Tidak hanya format surat saja kegunaan mail merge ini, Jika kita mengetik dengan format yang sama atau blanko formulir yang sama namun dengan isian yang berbeda, maka mail merge lah solusinya. Cukup buat format blangko atau formulir yang dikehendaki dan membuat daftar isian formulir, maka sudah cukup. Hasilnya, setiap isian dari formulir tersebut akan silih berganti sesuai dengan daftar yang telah dibuat.
membuat mail merge menggunakan data sumber dari excel.
langkah-langkahnya sebagai berikut :
- pastikan kita sudah mempunyai data sumber pada excel
- buka ms word 2007,
- pilih mailings
- pilih star mail merge, step by step mail merge wizard
- selanjutnya pilih next starting document
- pilih next : select recipients
- pilih browse
- cari data excel yang akan kita masukan, pilih data tersebut dan pilih open
- akan muncul select tabel, cari data pada excel tersebut berada pada sheet berapa. misalnya sheet 1
- sehingga muncul mail merge recipients, klik ok
- selanjutnya pilih insert merge field, pilih field yang akan kita panggil. misalnya nama
- masukan field berikutnya misalnya field alamat
- setelah semua field sudah kita insert, pilih preview result, sehingga muncul nama dan alamat
- klik next record untuk melihat nama dan alamat lainnya.
selamat mencoba
Tidak ada komentar:
Posting Komentar